Widget HTML #1

Proses Daur Ulang Sampah Elektronik di Indonesia

Perkembangan teknologi di Indonesia berkembang begitu cepat dengan hadirnya inovasi-inovasi terbaru sebagai solusi untuk mempermudah kita dalam kegiatan sehari-hari. Namun tanpa kita sadari, limbah atau sampah bekas barang elektronik dibiarkan tergeletak begitu saja. Dengan harapan mungkin nanti bisa dimanfaatkan lagi, padahal itu justru akan membuat banyak masalah saat sampah elektronik tersebut sudah menumpuk begitu lama dan menimbulkan efek berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Bahaya Sampah Elektronik atau E-Waste Yang Wajib Anda Ketahui
  1. Mengandung zat berbahaya seperti merkuri, mangan, timbal, lithium, dan kadmium.
  2. Tidak bisa terurai oleh alam.
  3. Tergolong logam berat yang bisa mencemari lingkungan.
  4. Bisa memicu penyakit seperti kanker, kerusakan jantung, hati, dll.
  5. Merusak ekosistem.
Berawal dari latar belakang tersebut, kini Indonesia patut berbangga karena sekarang telah hadir sebuah perusahaan yaitu Retron.id yang peduli dan mendirikan jasa daur ulang  sampah elektronik dan sudah bekerja sama dengan rekan afiliasi yang telah diakui secara resmi dan tersertifikasi oleh badan hukum Republik Indonesia.
 

Di negara maju seperti Amerika Serikat daur ulang sampah elektronik dan logam berbahaya lainnya sudah dilakukan sejak lama dan sudah memiliki sistem penanganan yang canggih, mungkin anda sudah pernah melihat film hollywood seperti transformers, dan sebagainya. Sering melakukan syuting dengan latar limbah elektronik yang siap dimusnahkan atau di daur ulang. Hal itu dikarenakan masa pemakaian barang elektronik atau sejenis dengan material logam berbahaya paling lama hanya sekitar 5 tahun. 

Meskipun pemakaian ideal hanya sekitar 5 tahun dan selebihnya membutuhkan perawatan ekstra,  di Negara berkembang seperti Indonesia barang bekas seperti Indonesia justru banyak diburu. Inilah yang bisa menyebabkan limbah atau sampah elektronik beredar sangat banyak di Indonesia. Karena pemakaian barang bekas pasti tidak akan bertahan lama, sehingga akan semakin sering untuk mengganti perangkat elektronik bekas dengan harga yang murah, dan barang elektronik yang sudah rusak diletakkan begitu saja.

Jika anda menggunakan jasa daur ulang di RETRON, anda bisa melihat proses yang transparan bahkan bisa mendapatkan bonus Sertifikat yang dipersembahkan sebagai wujud nyata kepedulian Anda terhadap lingkungan.

Posting Komentar untuk "Proses Daur Ulang Sampah Elektronik di Indonesia"