Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik dengan ukuran yang sangat kecil. Bagi yang pernah mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan saat masih SMK, mungkin sudah mengenal jenis kabel yang satu ini. Atau mereka yang bekerja pada sektor telekomunikasi yang mengurusi instalasi kabel jaringan internet di lapangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan kabel fiber optik.

Fiber optik adalah contoh media transmisi yang membutuhkan penanganan khusus, dan harus dikerjakan oleh para ahli. Jadi tidak sembarangan orang bisa menggunakannya seperti pada saat melakukan penyambungan atau sejenisnya. Pada saat belajar di sekolah dan mengenal jenis-jenis kabel dulu, saya diberitahukan bahwa ada 3 jenis kabel yang wajib kita ketahui yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair yang dibagi menjadi 3 ( STP, UTP, dan FTP, dan kabel Fiber Optik.

Dan pada kenyataannya pada saat praktek kita hanya akan menggunakan dua jenis kabel saja yaitu Coaxial yang bentuknya seperti kabel antena Televisi, dan kabel UTP yang biasanya kita gunakan untuk menyambungkan perangkat seperti Hub, Modem, Komputer dan perlengkapan instalasi internet lainnya. Alasan penggunaan kedua kabel tersebut  diantaranya adalah harganya yang murah, karena kebel UTP jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kabel FTP dan STP. Selain itu juga dari segi keamanan, makanya kita tidak dianjurkan untuk praktek penyambungan kabel Fiber Optik saat di sekolah. Namun kemungkinan di masa yang akan datang bisa digunakan dalam praktek karena perkembangan teknologi selalu memberikan inovasi terbaru, apalagi dari segi keamanan itu sendiri.

Baiklah, langsung saja disini saya akan sedikit membahas kelebihan dan kekurangan dari kabel Fiber Optik yang harus anda ketahui.


Kelebihan Kabel Fiber Optik

  1. Potensi konsleting yang bisa menyebabkan kebakaran sangatlah rendah, jika dibandingkan jenis kabel yang lainnya.
  2. Memiliki kapasitas bandwidth yang lebih luas hingga 1Gbps.
  3. Penggunaan cahaya sebagai media transmisi membuat kabel fiber optik bisa lebih aman jika dibandingkan kabel yang menggunakan listrik sebagai media transmisi.
  4. Kabel fiber optik bisa tahan dengan berbagai jenis cuaca, bahkan bisa bertahan di dalam air laut.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Dengan menggukan bahan serat kaca yang sangat tipis dan lebih tipis daripada rambut manusia. Membuat kabel ini memiliki resiko yang lebih tinggi saat digunakan, karena jika masuk kedalam organ tubuh akan sulit terdeteksi. Dan hanya para ahli saja yang dianjurkan untuk mengoperasikannya. Selain itu, kabel ini juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kabel yang lainnya.

Kesimpulan

Dari beberapa kekurangan dan kelebihan dari jenis kabel Fiber Optik, masih banyak lagi hal yang bisa anda pelajari.  Dan anda bisa mengunjungi website tutorfiber.com untuk belajar lebih banyak dan memperdalam ilmu pengetahuan seputar kabel, dan berbagai peralatan lain yang ada kaitannya dengan kabel.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik"