Widget HTML #1

Aplikasi E-learning Yang Cocok Digunakan Untuk Pembelajaran Online di Sekolah

Kegiatan belajar mengajar belakangan ini sangat terganggu dengan adanya pandemi yang belum juga selesai. Namun setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, seperti contoh dalam bidang pendidikan. Meskipun belajar belajar tatap muka belum mendapatkan izin para siswa masih bisa melakukan kegiatan interaktif yaitu belajar daring dengan sistem e-learning dengan memanfaatkan aplikasi yang menyediakan layanan belajar secara digital dan bisa di akses dari mana saja menggunakan koneksi internet.

Tetapi sangat disayangkan diantara pembelajaran online yang sudah diterapkan banyak yang masih menggunakan aplikasi meeting sederhana sehingga kurang efektif dalam proses penyampaian materi. Padahal saat ini ada sistem pembelajaran online dari Pijar Sekolah selaku penyedia aplikasi e learning dengan fitur yang sangat lengkap sehingga proses belajar mengajar meskipun dilakukan dari rumah atau dari tempat yang terpisah namun tetap efektif menyenangkan.


Hal itu dikarenakan sistem pembelajaran digital yang dibangun dilengkapi banyak fitur seperti sistem manajemen sekolah, buku digital, lab maya, video pembelajaran, dan ujian sekolah berbasis aplikasi.

Salah satu kelebihan yang nantinya bisa dirasakan adalah hadirnya ujian sekolah berbasis aplikasi yang tentunya akan menampilkan nilai secara realtime saat anda selesai mengerjakan soal. Bayangkan jika proses ujian masih manual tanpa sistem yang sudah otomatis, proses koreksi jawaban yang benar membutuhkan waktu yang cukup lama. Itu adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan, dan masih banyak lagi. Karena memang sistem digital dibuat untuk mempermudah proses operasional dari berbagai sektor termasuk dalam sistem pendidikan.

Menurut pendapat saya pribadi, ini adalah langkah awal untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Kenapa begitu? karena letak geografis negara Indonesia adalah kepulauan sehingga proses distribusi buku sedikit terhambat apalagi untuk derah pelosok.  Maka dari itu proses digitalisasi dalam dunia pendidikan harus terus dilanjutkan supaya proses pemerataan menjadi lebih mudah.

Jika dulu kita menerima materi atau kurikulum secara turun temurun karena menggunakan buku yang sama, dengan adanya sistem digital proses update materi baru menjadi lebih cepat tanpa ada hambatan seperti halnya proses distribusi buku. Inilah kenapa buku digital saat ini lebih banyak diminati, selain ringan karena tidak berbentuk buku fisik. Proses membacanya pun bisa menggunakan ponsel dan diakses dari mana saja.


Posting Komentar untuk "Aplikasi E-learning Yang Cocok Digunakan Untuk Pembelajaran Online di Sekolah"