Widget HTML #1

Peluang Karir Menjadi Project Manager Saat Pertumbuhan Startup di Indonesia Semakin Meningkat


Karir cemerlang seseorang di suatu perusahaan adalah idaman banyak orang terutama bagi pekerja yang memiliki pengalaman yang sedikit misalnya fresh graduate atau mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Menurut riset pribadi yang saya lakukan di media sosial yang mempertemukan antara pekerja dan penyedia lapangan kerja yaitu linkedin. Lulusan dari perguruan tinggi negeri ternama seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan kampus unggulan lainnya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dan menempati posisi strategis seperti CEO, CO-Founder, Project Manager, dll.

Namun ada beberapa lulusan dari kampus swasta yang mendapatkan posisi yang sama. Semua itu tergantung dari usaha dan skill masing-masing, beruntung lapangan pekerjaan saat ini sangat banyak dengan hadirnya berbagai perusahaan startup di tanah air yang membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

Saya sendiri adalah lulusan dari kampus swasta yang tidak terlalu diperhitungkan oleh para rekruiter, namun alhamdullilah saya sudah bekerja di sebuah perusahaan startup hingga saat ini. Bekerja di perusahaan startup bukan hal yang mudah, karena sistem yang belum terbentuk dan kondisi keuangan yang masih mengandalkan modal dari investor membuat kita was-was dan tidak tenang dengan karir di perusahaan untuk jangka panjang.

Maka dari itu anda harus memperbanyak relasi dengan memperbanyak koneksi antar pekerja seperti yang saya lakukan dengan membuat akun linkedin. Bagi anda yang masih kuliah, ujian yang sesungguhnya adalah setelah lulus. Anda akan dihadapkan dengan persaingan antara ribuan orang para pencari pekerjan.

Anda harus mengasah skill dan memperbanyak sertifikasi sebagai pendamping ijasah saat melamar pekerjaan agar anda lebih diperhitungkan. Project Manager adalah salah satu posisi strategis dan sangat populer di sebuah perusahaan startup, meskipun tantangannya sangat berat, karir menjadi project manager adalah impian banyak orang, karena bisa membuat anda lebih mudah untuk menempati posisi yang sama di perusahaan lain. Bahkan anda bisa diperebutkan oleh banyak perusahaan. 

Jika anda tertarik dengan posisi project manager, dan anda adalah fresh gradute atau belum memiliki pengalaman. Saya menyarankan agar mengikuti Sertifikasi Project Management Ready sebagai pendamping ijasah. Hal itu dikarenakan saingan anda mungkin adalah orang yang lebih memiliki pengalaman. Jadi anda bisa saja diperhitungkan oleh HRD dengan adanya sertifikat yang anda miliki.

Pada sertifikasi Project Management Ready, anda dapat mempelajari konsep-konsep penting yang bisa membantu individu dalam meningkatkan kualifikasinya supaya bisa berkarir di bidang project management, seperti berikut ini :
  1. Project Management Fundamentals and Core Concepts
  2. Traditional Plan-based Methodologies
  3. Agile Frameworks/Methodologies
  4. Business Analysis Frameworks 

Posting Komentar untuk "Peluang Karir Menjadi Project Manager Saat Pertumbuhan Startup di Indonesia Semakin Meningkat"