Widget HTML #1

Pengertian Merek Dagang - Pengusaha Wajib Daftar

Dari sekian produk yang beredar di pasaran, mulai dari produk kecantikan, makanan, hingga barang elektronik. Selalu memiliki nama atau merek yang berbeda-beda. Kebanyakan dari brand-brand besar tersebut pasti sudah mendaftarkan merek dagang sebelum merilis produk yang nantinya akan di distribusikan kepada konsumen.

Pada artikel kali ini saya akan membahas pengertian merek dagang, dan bagaimana cara mendaftarkan merek dagang, dan manfaatnya apa saja untuk kepentingan bisnis. Oke langsung saja. Merek dagang adalah merek yang sudah didaftarkan dan dipatenkan sehingga sudah menjadi hak milik dan dilengkapi dengan tanda terima permohonan merek, surat pernyataan permohonan pendaftaran merek dan sertifikat hak merek. Dan brand yang sudah anda daftarkan tidak bisa sembarangan oleh orang lain.

Apakah Mendaftarkan Merek Dagang Itu Penting?

Menurut pandangan saya pribadi sangatlah penting, apalagi produk yang anda produksi nantinya akan dipasarkan dalam skala nasional atau internasional. Karena jika anda tidak mendaftarkan merek dagang, bisa saja setelah produk sudah dikenal masyarakat ada pihak yang dengan sengaja mengklaim atau menyaingi produk yang anda tawarkan. Karena setelah dicek di situs  pdki-indonesia.dgip.go.id brand tersebut belum terdaftar sama sekali.

Setelah orang lain mengklaim secara sepihak, anda akan sedikit sulit untuk menuntutnya karena anda sendiri belum mendaftarkan merek dagang tersebut. Jadi tidak memiliki landasan hukum yang kuat.


Tips Memilih Merek Dagang Yang Bagus

Berbagai jenis produk yang beredar di pasaran saat ini memiliki nama atau brand yang mudah sekali diingat. Sehingga jika ada pemain baru sangat sulit untuk menyaingi apalagi dalam waktu yang singkat. Sehingga anda harus banyak beriklan dan membakar uang supaya brand cepat dikenal oleh konsumen.

Ada berbagai produk yang saat ini menurut saya memiliki personal branding yang sangat kuat seperti Pralon, Odol, Sanyo, Aqua, dan masih banyak lagi. Mungkin anda bisa menambahkannya pada komentar dibawah. Kenapa saya bilang brand tersebut bagus. Karena mudah sekali diingat, dan saat ada orang yang ingin mencari produk yang sama, pasti akan menyebut brand tersebut. Misalnya saat seseorang ingin membeli air mineral. Pasti yang diucapkan adalah "Ada AQUA?" 
Meskipun air mineral yang akan diberikan dari brand yang berbeda, si penjual pun pasti menyebutnya AQUA.


Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang?

Saat ini anda bisa dengan mudah mendaftarkan merek dagang, asalkan persyaratannya sudah lengkap. Anda langsung saja mengunjungi website greenpermit.id untuk mendaftarkan merek dagang dengan mudah. Anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan menghubungi kontak whatsapp yang tertera. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Merek Dagang - Pengusaha Wajib Daftar"