Widget HTML #1

Tips Memilih Kampus Terbaik

Untuk menjadi Negara maju tentunya harus dimulai dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia terlebih dahulu. Salah satunya dengan mempermudah akses pendidikan yang layak dan meningkatkan kualitas maupun pelayanan di semua sektor yang mengelola sistem pendidikan di Indonesia.

Pasalnya negara Indonesia adalah sebuah negara maritim yang memiliki Sumber Daya Alam melimpah namun hingga saat ini belum dikelola dengan baik, dan salah satu faktor utamanya adalah kurangnya kualitas SDM yang dimiliki karena banyak anak yang putus sekolah atau tidak melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.


Maka tidak heran jika masih banyak tenaga ahli yang didatangkan dari luar negeri karena ada beberapa posisi strategis yang belum bisa diisi oleh tenaga kerja lokal karena kurangnya pengalaman dan kemampuan dalam hal tersebut. Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus mampu bersaing dengan cara yang benar dan salah satunya adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan terus belajar hal baru.

Ibarat pepatah yang mengatakan tuntutlah ilmu hingga ke Negeri China, itu bukanlah gurauan belaka karena memang saat ini sudah terbukti China menjadi negara yang maju dan disegani oleh Negara lain. Padahal jika kita melihat beberapa tahun ke belakang China bukanlah Negara yang maju seperti yang saat ini anda lihat. Negara dengan ukuran yang besar dan jumlah penduduk terbanyak bukanlah hambatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan demi mendapatkan masa depan yang lebih baik. Dan sekarang sudah terbukti, tentunya ini adalah contoh yang baik dan bisa diimplementasikan di Indonesia.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara memilih kampus terbaik seperti Kampus Unggulan di Jakarta untuk mendapatkan akses pendidikan yang mudah dan mendapatkan karir terbaik di masa yang akan datang.

Apakah Kuliah Itu Penting?

Kuliah bukan hanya penting tetapi juga wajib jika ingin menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju dan lebih baik di masa yang akan datang. Karena jika SDM meningkat maka banyak sekali industri kreatif dan terciptanya lapangan pekerjaan baru yang dibuat oleh mereka yang mendapatkan ilmu saat kuliah.

Sehingga pemerintah akan lebih mudah dalam memajukan perekonomian Negara jika banyak pemuda yang memiliki kreatifitas tinggi dan membuat berbagai Inovasi terbau yang bisa menciptakan lapangan kerja.

Hal ini bisa anda lihat pada beberapa perusahaan startup yang didirikan oleh pemuda yang baru menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang sama-sama memiliki visi dan misi untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Negara.

Kenapa Banyak Yang Memilih Kuliah di Jakarta?

Jakarta adalah Ibukota Negara Indonesia yang memiliki ekosistem bisnis terbaik dan menjadi pusat perekonomian di Indonesia. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang berbondong-bondong ke Ibukota untuk mencari pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan dan saya sendiri adalah salah satunya.

Berbekal pengalaman yang saya dapatkan saat masih tinggal di Desa dan disertai doa dan dukungan dari orang tua, saya memberanikan diri untuk pergi ke Jakarta untuk bekerja. Tidak cukup begitu saja, setelah bekerja beberapa tahun dan memiliki modal yang cukup. Akhirnya saya memilih kampus swasta yang berada di Depok dan tidak jauh dari tempat bekerja untuk melanjutkan kuliah.

Meskipun saya memilih kampus swasta untuk mendapatkan akses pendidikan dengan biaya yang murah dan bisa sambil bekerja, namun saya tetap memiliki semangat yang kuat untuk belajar dan terus belajar. Karena motivasi saya adalah tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Hal Positif Apa Yang Saya Dapatkan Setelah Kuliah?

Dampak yang bisa saya rasakan saat kuliah adalah bisa mendapatkan banyak teman baru dari beberapa latar belakang yang berbeda, mendapatkan banyak ilmu baru saat kuliah, meningkatkan mental apalagi saat belajar berbicara didepan orang banyak, dan masih banyak lagi.

Bahkan saat baru memasuki semester ke empat, saya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan dengan gaji yang lebih besar saat saya diterima di sebuah perusahaan startup supply chain yang berpengaruh di Indonesia, dan masih bekerja hingga saat ini.Padahal sebelumnya saya hanya bekerja part time di sebuah percetakan kecil yang berada di pinggiran Unviersitas Indonesia di Kota Depok. 

Pilihlah Kampus Yang Sesuai Dengan Diri Anda

Dan poin yang terakhir ini adalah hal penting dan wajib anda lakukan saat memilih kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan. Jangan kuliah hanya karena gengsi, misalnya memilih kampus mahal supaya bisa bergaya dan ingin terlihat keren oleh orang lain. Karena jika anda memaksakan itu hasilnya bisa kurang baik dan jika kekuatan finansial yang anda miliki masih kurang maka anda akan kurang bersemangat untuk kuliah.

Saya sendiri hanya mengambil jurusan Sistem Informasi di sebuah universitas swasta dengan biaya per semester sekitar 2 Jutaan saja. Dan hasilnya alhamdullilah sangat sesuai dengan harapan saya, bahkan beberapa lulusan yang seangkatan banyak yang diterima di perusahan-perusahaan besar dan mengisi posisi yang rumayan bagus. Tentunya ini bisa menjadi motivasi bagi anda yang ingin kuliah namun dengan keuangan yang terbatas.

Selain itu anda juga harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan passion yang anda miliki. Hal ini supaya anda bisa menerima materi kuliah dengan baik dan sesuai dengan minat dan bakat anda sendiri.

Tips Memilih Kampus Terbaik

Selain Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi incaran banyak orang, pergururan tinggi swasta yang berada di bawah naungan BUMN juga bisa menjadi rekomendasi bagi anda. Hal ini dikarenakan peluang karir yang bagus dan peluang mendapatkan beasiswa bagi mereka yang memenuhi kriteria.

Misalnya Universitas Pertamina yang menjadi salah satu Kampus Teknik Terbaik yang sangat diperhitungkan dan masuk kedalam daftar kampus terbaik di Indonesia. Selain itu masih banyak kampus swasta lain yang berada dibawah naungan BUMN, dan dari beberapa teman saya yang pernah berkuliah di Kampus BUMN hasilnya memang lebih mudah untuk mendapatkan akses pekerjaan dan karir yang bagus.

Penutup

Sebelumnya saya ingin mengungkapkan sedikit keprihatinan karena pada desa tempat saya lahir sangat jauh dengan kota yang ada kampusnya. Sehingga banyak sekali teman sengkatan yang pada saat sekolah dasar selalu mendapatkan juara namun tidak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi karena tidak memiliki mental untuk memberanikan diri pergi ke Kota untuk melanjutkan kuliah. Mungkin potensi besar yang tidak kurang perhatian ini terjadi juga di berbagai daerah lain di Indonesia yang letaknya jauh dari Kota Besar.

Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan ini bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan. Saya sendiri sebagai penulis juga berharap agar kualitas pendidikan di Indonesia semakin maju dan semakin merata hingga ke seluruh pelosok Negeri. 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Kampus Terbaik"