Widget HTML #1

Cara Backup Template dan Artikel Blogger Supaya Data Bisa Digunakan Kembali

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara backup data yang tersimpan di dalam blog supaya bisa digunakan kembali. Sebelum saya membahas bagaimana caranya, perlu anda ketahui semua artikel dan template pada blog yang sudah anda buat itu tersimpan dan sudah terstruktur di dalam sebuah database. Hal itu semakin mempermudah anda untuk mengelola dan menambahkan file pada blog seperti halnya blogspot yang saat ini saya gunakan.

Untuk mengelola blog supaya tampilannya bagus biasanya harus membuat dan mengembangkan template sendiri, tentunya anda harus mempelajari tentang bahasa pemrograman Html, CSS, dan Xml. Karena jika anda mengandalkan template bawaan blogger tampilannya sangat sederhana dan fiturnya belum lengkap.


Tetapi jika anda malas untuk mengedit template dari nol, sekarang ini banyak sekali template yang bisa anda cari di google dan bisa diunduh secara gratis. Setelah template sudah siap, selanjutnya anda tinggal mengisi konten saja berupa artikel disertai gambar supaya menarik, dan yang paling penting anda tidak perlu khawatir dengan struktur database, karena dengan menggunakan blogspot dan template yang sudah jadi. Semuanya sudah terstruktur dan siap digunakan.


Di dalam database sendiri berisi bahasa pemrograman supaya data yang diolah bisa tersusun secara rapi, misalnya saat anda menambahkan artikel, atau ada yang ingin berkomentar di blog anda. Semuanya sudah diatur oleh perintah di dalam bahasa pemrograman. Bayangkan jika anda ingin membuat template dari nol, pasti anda akan dibingunkan dengan istilah seperti SUM, VAR, CHAR, dll.


Database maupun server memiliki peran penting dalam sebuah penyimpanan digital, untuk itu saya menyarankan file yang sudah anda tulis di blog harus di backup supaya tidak terjadi hal yang diinginkan. Misalnya saat akun blog anda terkena sanksi dan tiba-tiba hilang, atau jika anda tidak sempat memperpanjang domain atau hosting, dan ada masalah yang lebih buruk lagi seperti lupa kata sandi dan anda tidak akan mendapatkan ratusan artikel yang sudah anda buat sebelumnya.


Cara Backup Data Artikel Pada Blogspot

  • Masuk ke blogger.
  • Pilih setelan.
  • Pilih kelola blog.
  • Pilih cadangkan konten.
  • File akan otomatis terunduh.

Cara Backup Template Blogger

  • Masuk ke blogger.
  • Pilih tema.
  • Klik tombol panah kebawah di bagian custom (Diubah).
  • Pilih cadangkan.
  • File akan otomatis terunduh.

Posting Komentar untuk "Cara Backup Template dan Artikel Blogger Supaya Data Bisa Digunakan Kembali"