Widget HTML #1

Sistem Manajemen Sekolah - Inovasi Terbaru Pada Bidang Teknologi

Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan, meskipun banyak tantangan yang dihadapi karena kondisi geografis di negara ini yang kebanyakan adalah daerah kepulauan dan pegunungan, membuat pemerintah sedikit kesulitan untuk melakukan proses pemerataan. Beruntung pada era digital saat ini membuat banyak hal yang sebelumnya dilakukan secara manual bisa berubah menjadi otomatis dan terkomputerisasi. Termasuk pada bidang pendidikan saat ini.

Jika pada zaman dahulu manajemen sekolah kebanyakan dilakukan secara manual, sejak munculnya teknologi digital. Semuanya bisa dilakukan secara otomatis dengan sistem yang sudah terintegrasi. Bayangkan saja jika operasional sekolah seperti absensi, pembuatan soal, proses ujian, dan penilaian ujian dilakukan secara manual. Sedangkan jumlah siswa dalam satu kelas saja bisa sampai puluhan. Bisa memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan beberapa hal tersebut.


Beruntung Telkom Indonesia melalui Pijar Sekolah menghadirkan inovasi terbaru yang mendukung digitalisasi yang dilakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan menghadirkan Sisko atau sistem informasi sekolah yaitu sistem berbasis cloud yang membuat semua operasional sekolah menjadi terkomputerisasi seperti keuangan, materi pembelajaran, buku digital, dan data sekolah lainnya yang terintegrasi dalam bentuk aplikasi.

Pada situs resmi pijar sekolah, anda bisa mencoba aplikasinya secara gratis karena sudah disediakan akun demo. Sehingga anda bisa langsung training secara digital sebelum menggunakan aplikasi tersebut pada sekolah tempat anda mengajar. 

Saya pribadi sudah mencoba sistem yang hampir mirip waktu sedang kuliah. Dan yang saya rasakan memang lebih efisien dan dan lebih transparan. Misalnya saat ujian akhir semester, saya mengerjakan soal melalui sistem aplikasi menggunakan laptop dan soal yang dikerjakan berbeda satu sama lain. Jadi mengurangi resiko siswa untuk mencontek. Dan setelah waktu pengerjaan soal sudah selesai, nilai akan secara otomatis muncul beserta hasil jawaban mana yang salah dan yang benar. Jadi bisa menjadi evaluasi untuk diri sendiri.

Bayangkan jika saat ujian masih menggunakan kertas dan dikoreksi oleh guru secara manual, pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan siswa sendiri akan merasa cemas saat mengunggu hasil ujian. Itulah beberapa keuntungan jika menggunakan sistem manajemen sekolah secara digital, dan masih banyak kelebihan lainnya karena inovasi digital ini dibuat untuk mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dan lebih efisien.

Posting Komentar untuk "Sistem Manajemen Sekolah - Inovasi Terbaru Pada Bidang Teknologi"