Widget HTML #1

Belajar Pemrograman Bagi Pemula Melalui Situs di Internet

Menjadi seorang ahli IT adalah impian banyak orang, selain gaji yang besar anda juga bisa membangun website untuk membangun bisnis anda sendiri. Hal itu dikarenakan perkembangan teknologi yang membuat semua pekerjaan sudah banyak beralih menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi. Tetapi menjadi seorang programmer bukanlah hal yang mudah, anda harus mengikuti kelas khusus ataupun kursus diluar materi yang diberikan saat kuliah atau di bangku sekolah menengah atas, hal itu untuk menambah ilmu pengetahuan dan lebih memahami dasar-dasar ilmu pemrograman. Selain itu anda juga membutuhkan referensi entah itu melalui buku atau situs yang berisi tentang Tutorial Pemrograman  supaya jam terbang anda sebagai seorang developer web atau programmer semakin banyak.


Selain belajar seperti yang saya jelaskan diatas, anda juga harus sering praktek secara langsung karena menjadi seorang programmer bukan hanya sekedar teori saja, tetapi anda harus bisa praktek secara langsung untuk membangun sebuah website maupun software yang bisa digunakan dan memiliki manfaat buat orang banyak tentunya, Tutorial Website bisa anda temukan dengan mudah melalui internet seperti situs IT, Channel Youtube, dan masih banyak lagi dan bisa anda manfaatkan secara gratis. Itu saya anjurkan jika anda memiliki minat untuk belajar dari awal untuk menjadi seorang ahli IT, dan tidak memiliki latar belakang pendidikan yang mendalami ilmu informasi teknologi.


Apakah Materi dari Sekolah Kejuruan dan Kuliah Cukup Untuk Menjadi Seorang IT?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi itu semua masih kurang, misalnya saat masih SMK saya mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan yang cenderung fokus ke hardware atau perangkat keras, selain itu saya juga sedikit belajar dasar-dasar coding HTML. 

Setelah SMK saya lanjut kuliah dengan jurusan Sistem Informasi, saat itu saya mengenal pembuatan website dinamis menggunakan framework codeigniter, dari situ saya bisa mengenal hal baru dan praktek secara langsung, perbedaan web statis dan dinamis itu sendiri adalah dari fitur yang ada didalamnya. Jika web statis hanya bisa diedit oleh admin saja, web dinamis bisa multiuser karena bisa menambahkan user baru yang bisa menginput data yang akan disimpan melalui database.

Misalnya seperti sistem inventory barang yang biasa digunakan oleh perusahaan yang menyimpan banyak barang dan ingin semua data tersimpan secara terkomputerisasi, atau tidak manual lagi menggunakan kertas. Data yang anda input tersebut akan secara otomatis di dalam sistem yang meliputi stok barang, jenis barang, kode barang, harga barang, dan masih banyak lagi. Itu semua kita sendiri yang merancang menggunakan database seperti  MySQL.


Platform Apa Yang Cocok Bagi Pemula yang Ingin Belajar Coding?

Bagi pemula saya lebih menyarankan anda untuk membangun website menggunakan platform blogger bawaan google, selain gratis untuk digunakan. Navigasinya juga sangat simpel dan mudah dipahami oleh pemula. Anda bisa memahami dasar ilmu pemrograman HTML, CSS, dan sedikit belajar javascript. Dan kelebihan dari blogger adalah hosting yang disediakan oleh google. Selain keamanan yang terjaga, anda juga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membayar jasa penyedia hosting.

Setelah anda memiliki niat yang kuat, setidaknya harus ada referensi khusus untuk mengetahui ilmu dasar tentang bahasa pemrograman, misalnya mengunjungi situs sahretech.com yang menyediakan informasi tutorial pemrograman dan informasi seputar komputer maupun informasi teknologi terbaru.

Posting Komentar untuk "Belajar Pemrograman Bagi Pemula Melalui Situs di Internet"